ajax amsterdam aksesoris aksesoris mobil alami Amerika Android Android P Antariksa apel Aplikasi apoel nicosia Apple applecidervinegar bahanalami bahaya bali Bandung bangunan bayi belanja beli bermain bisnis Bluetooth bogor Bumi cara cukapel DaftarUlang dampak daun depok depresi Developer diet Digital domain Earphone Facebook fakta family freelance fungsi Gadget game genset Google hamil Handphone hidup hidup sehat hongkong hosting Huawei hunian ibu IKEA iklan info informasi infrastruktur Inovasi instagram Internet IOS jabodetabek jakarta job jual kabut asap kacamata kanker kanker payudara Kedokteran kehidupan kelebihan Keluarga kendaraan kerja Kesehatan komputer Koneksi konglomerat kota Kuliah lebaran Lemon Lemon Tea liga champions listrik loker lowongan mahal makanan mall manfaat manusia Mars matic menghilangkan mengurangi mewah mobil Mobile mobile legend mobilsport morningsickness motor mual mukena mukena bali muntah murah muslim muslimah nama Nasa negatif Niagahoster ocean park olahraga online onlinemall onlineshop Operator Oppo otomotif palsu paru-paru pekerjaan pelangsing badan pemilu Perusahaan Planet Platform ponsel positif properti protein RajaTekno ramadan ramadhan realme Registrasi rumah Sains Samsung sarapan Satelit SBMPTN sehat Sekolah Seluler sepeda motor server sholat shop shopping sirih situs Smartphone SNMPTN Sosialmedia sport stress Tea Tekno Teknologi Telkomsel tempat tinggal terbaik terbaru terkini tiket tips tokoonline toyota Traveling Tri trik tubuh Ujian Umum unik waspada Web Webhosting webisite Website WNI Xiaomi yamaha Youtube

Satelit Terbaru Nasa "Insight" Siap Meluncur ke Mars

"NASA" Lembaga antariksa Amerika Serikat ini bersiap meluncurkan pesawat antariksa tanpa awak atau lander pertamanya ke Planet Mars, yang disebut InSight, pada Sabtu pagi, dengan tujuan mendengarkan gempa dan mengungkap misteri bagaimana planet berbatu seperti Bumi terbentuk sekarang.
Lander itu dijadwalkan meluncur pada Sabtu pukul 07.05 waktu setempat (1105 GMT) dari Vandenberg Air Force Base di California, dan jika semuanya lancar, akan mendarat di Mars pada 26 November.
Karena Bumi dan Mars kemungkinan terbentuk dari proses serupa 4,5 miliar tahun lalu, NASA berharap lander tersebut, secara resmi dikenal sebagai Interior Exploration using Seismic Investigations, Geodesy and Heat Transport (InSight), akan mengungkap apa yang membuat keduanya berbeda.
“Bagaimana kita terbentuk dari sebuah bebatuan, tidak berbentuk menjadi satu planet yang mungkin bisa atau tidak mendukung kehidupan, merupakan pertanyaan utama dalam ilmu planet,” kata Bruce Banerdt, kepala penyidik InSight di Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California. “Kami ingin mengetahui apa yang terjadi," ungkapnya.
Di Bumi, proses itu tersembunyi selama miliaran tahun oleh gempa bumi dan pergerakan batuan cair di mantel bumi, kataya. Namun, Mars, planet terdekat keempat dari Matahari sekaligus yang lebih kecil dibandingkan Bumi dan tidak terlalu aktif secara geologi itu, mungkin memiliki lebih banyak petunjuk.
Lander itu akan mengumpulkan informasi menggunakan tiga instrumen, yaitu seismometer buatan Prancis, sebuah alat untuk membantu para ilmuwan di Bumi menjaga lintasan tepat lokasi pendaratan saat Mars berotasi, dan probe yang akan memonitor aliran panas di bawah permukaan planet.
Pengiriman lander bertujuan untuk beristirahat di tempat yang terisolasi dan mendeteksi "marsquakes," yang digambarkan NASA seperti bohlam yang menerangi struktur interior planet.
Ilmuwan berharap untuk merekam sebanyak 100 gempa selama misi itu. Sebagian besar diharapkan gempa terjadi kurang dari 6,0 skala Richter.
Mempelajari bagaimana gelombang seismik melewati kerak, mantel, dan inti Mars dapat membantu para ilmuwan mempelajari lebih lanjut tentang dari mana lapisan planet terbuat dan seberapa dalamnya mereka. Eksperimen Seismik untuk Struktur Interior dibuat oleh Badan Antariksa Prancis.
Probe panas, yang disebut Heat Flow dan Paket Properti Fisik, dibuat oleh Badan Antariksa Jerman, dengan partisipasi dari Badan Antariksa Polandia.
Pasangan NASA dari Viking mendarat di akhir 1970-an memiliki seismometer tetapi hanya satu yang berhasil. Itu jauh kurang sensitif karena dibuat di atas pesawat ruang angkasa.
Sebaliknya, seismometer InSight akan dijemput dengan lengan robot dan ditempatkan langsung di tanah. InSight bertujuan untuk menjadi instrumen NASA pertama yang mendarat di Mars sejak rover Curiosity yang tiba pada tahun 2012 dan masih bekerja. Demikian dilansir Kantor Berita AFP.

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

[blogger][facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.