ajax amsterdam aksesoris aksesoris mobil alami Amerika Android Android P Antariksa apel Aplikasi apoel nicosia Apple applecidervinegar bahanalami bahaya bali Bandung bangunan bayi belanja beli bermain bisnis Bluetooth bogor Bumi cara cukapel DaftarUlang dampak daun depok depresi Developer diet Digital domain Earphone Facebook fakta family freelance fungsi Gadget game genset Google hamil Handphone hidup hidup sehat hongkong hosting Huawei hunian ibu IKEA iklan info informasi infrastruktur Inovasi instagram Internet IOS jabodetabek jakarta job jual kabut asap kacamata kanker kanker payudara Kedokteran kehidupan kelebihan Keluarga kendaraan kerja Kesehatan komputer Koneksi konglomerat kota Kuliah lebaran Lemon Lemon Tea liga champions listrik loker lowongan mahal makanan mall manfaat manusia Mars matic menghilangkan mengurangi mewah mobil Mobile mobile legend mobilsport morningsickness motor mual mukena mukena bali muntah murah muslim muslimah nama Nasa negatif Niagahoster ocean park olahraga online onlinemall onlineshop Operator Oppo otomotif palsu paru-paru pekerjaan pelangsing badan pemilu Perusahaan Planet Platform ponsel positif properti protein RajaTekno ramadan ramadhan realme Registrasi rumah Sains Samsung sarapan Satelit SBMPTN sehat Sekolah Seluler sepeda motor server sholat shop shopping sirih situs Smartphone SNMPTN Sosialmedia sport stress Tea Tekno Teknologi Telkomsel tempat tinggal terbaik terbaru terkini tiket tips tokoonline toyota Traveling Tri trik tubuh Ujian Umum unik waspada Web Webhosting webisite Website WNI Xiaomi yamaha Youtube

Facebook Mengirimkan Satelit Internet Baru



Tak ingin kalah dari SpaceX. Raksasa media sosial Facebook ini diketahui tengah menyiapkan satelit pembawa koneksi internet, untuk diorbitkan di ruang angkasa. 

Sebelumnya, Facebook juga mempunyai satelit AMOS-6, penyebar internet gratis. Sayangnya, AMOS-6 meledak bersama roket yang akan membawanya ke orbit pada 2016 lalu. Kini satelit baru nampaknya sedang disiapkan untuk di luncurkan. 

Rencana ini terungkap dari sebuah arsip di Komisi Komunikasi Federal (FCC) pekan lalu. Dalam arsip itu disebutkan bahwa satelit bernama Athena tengah dipersiapkan untuk terbang di orbit yang rendah, dan membawa koneksi internet untuk daerah-daerah terpencil.

Pada artikel ini, sejatinya tidak disebutkan nama Facebook sebagai pemilik satelit secara terang-terangan. Athena tercatat sebagai satelit yang dikembangkan oleh perusahaan kecil bernama PointView. 

Namun pada April lalu, PointView diketahui tidak memiliki catatan laporan tahunan maupun struktur manajemen dan pemegang saham yang jelas. Tapi sebuah dokumen mengarahkan bahwa PointView merupakan bagian dari Facebook.

"PointView bertujuan untuk memahami apakah sistem yang menggunakan spektrum E-band dapat digunakan untuk penyediaan akses broadband tetap, dan bergerak di area yang belum terlayani dan kurang terlayani," tulis pihak PointView dalam dokumen tersebut, dikutip KompasTekno dari Spectrum, Jumat (4/5/2018). 

Bukti lain yang menjelaskan bahwa Facebook adalah otak di balik rencana peluncuran Athena terlihat dari deskripsi lokasi yang dipersiapkan sebagai stasiun pengorbitan. 

PointView menentukan tiga titik di Bumi yang bakal menjadi pusat pengendalian satelit. Tiga lokasi tersebut berada di sekitar California dan Los Angeles. 

Di salah satu lokasi tersebut, Facebook dilaporkan telah menyewa lahan sebesar 24.000 meter persegi atau lebih dari 2 hektare pada Oktober lalu, dan tengah mengalami pemugaran. Lahan ini diduga akan menjadi stasiun cadangan untuk satelit Athena nantinya. 

Meski Facebook masih enggan untuk berkomentar, satelit ini tetap diharapkan akan dapat mengudara dan memperluas konektivitas internet sampai ke daerah terpencil.

Athena, diprediksi bakal membawa internet dengan kecepatan 10 kali lebih cepat ketimbang satelit yang diluncurkan SpaceX. Kendati demikian, satelit ini hanya akan berada pada ketinggian yang rendah, sehingga daya jangkaunya tidak akan seluas satelit milik SpaceX.

Beberapa ahli menilai, jika Facebook memang ingin serius mengembangkan satelit untuk konektivitas internet, sebaiknya rakasasa media sosial ini harus bisa menyamai kemampuan satelit milik SpaceX, yang mengorbit pada koordinat yang lebih tinggi dan jumlah satelit yang lebih banyak. 

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

[blogger][facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.