IBX5A8B750FA2FD6 Fitur Facial Recognition Pada iPhone Bisa Menangkap Buronan Pada Kerumunan 50 Ribu Orang | Raja Tekno
Home » , » Fitur Facial Recognition Pada iPhone Bisa Menangkap Buronan Pada Kerumunan 50 Ribu Orang

Fitur Facial Recognition Pada iPhone Bisa Menangkap Buronan Pada Kerumunan 50 Ribu Orang


RajaTekno, - Teknologi terbaru iPhone ini membuat banyak orang kagum. karena teknologi ini dapat mencari wajah dengan sensor tertentu, sensor itu dapat mendeteksi wajah seseorang yang kalian cari walau terdapat banyak orang disekelilingnya.

Baca : Apple Akan Memperlihatkan Inovasi Kacamata Pintar Apple Glasses pada 2021?

Facial recognition tak melulu soal selfie di smartphone. Teknologi tersebut nyatanya juga bisa dipakai menangkap penjahat yang sedang buron. Kepolisian China berhasil menangkap buronan di tengah kerumunan 50.000 orang yang tengah menghadiri konser musik.

Teknologi facial recognition memainkan peran penting dalam penangkapan tersebut. Pria dengan nama belakang Ao tersebut sejatinya tengah menghadiri konser penyanyi asal Hong Kong bernama Jacky Cheung di Nanchang, Provinsi Jiangxi.

Karena datang dari Zhangsu, yang berjarak 90 kilometer jauhnya, pria berusia 31 tahun itu mengaku tak menyangka jika pihak kepolisian mampu menangkapnya di tengah 'lautan' manusia tersebut. "Ia sangat terkejut, tatapannya pun kosong saat kami menangkapnya," ujar Li Jin, polisi yang bertugas dalam penangkapan tersebut.

Baca : Apple Akan Merilis Smartphone Terbarunya Pada 2019 Dengan tiga Lensa Kamera?

Meski begitu, sektor ini menjadi salah satu pionir dalam penerapan teknologi tersebut setelah Kementerian Keamanan Publik China mulai menggunakannya pada 2015.

Setelahnya, facial recognition mulai menjalar ke beberapa sektor. Awal tahun ini, dikabarkan sejumlah polisi di Beijing dipersenjatai dengan kacamata pintar yang ditanamkan fitur facial recognition agar para petugas dapat mengindentifikasi seseorang yang termasuk dalam daftar pencarian.

Penerapan facial recognition di sejumlah sektor tak lepas dari dukungan Presiden China, Xi Jinping. Pria berusia 64 tahun yang mulai menjabat pada 2013 lalu ini memang dikenal antusias dalam penggunaan kecerdasan buatan di negaranya, salah satunya teknologi pengenalan wajah.

Baca : NASA Memberitahukan Ada Asteroid Lewat Didekat Bumi Dengan Kecepatan Yang Sangat Kilat

Seakan mengikuti jejak dari China, pemerintah Singapura pun berencana memasang ratusan ribu kamera di berbagai tiang lampu mulai tahun depan. Pemasangan perangkat yang sudah ditanami fitur pengenal wajah tersebut merupakan bagian dari proyek bernama 'Lampost-as-a-Platform' oleh GovTech. 

Terima kasih telah membaca artikel ini & dipublikasikan oleh Raja Tekno

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Posting Populer