IBX5A8B750FA2FD6 Facebook Mengirimkan Satelit Internet Baru | Raja Tekno
Home » , , , , , , » Facebook Mengirimkan Satelit Internet Baru

Facebook Mengirimkan Satelit Internet Baru



Tak ingin kalah dari SpaceX. Raksasa media sosial Facebook ini diketahui tengah menyiapkan satelit pembawa koneksi internet, untuk diorbitkan di ruang angkasa. 

Sebelumnya, Facebook juga mempunyai satelit AMOS-6, penyebar internet gratis. Sayangnya, AMOS-6 meledak bersama roket yang akan membawanya ke orbit pada 2016 lalu. Kini satelit baru nampaknya sedang disiapkan untuk di luncurkan. 

Rencana ini terungkap dari sebuah arsip di Komisi Komunikasi Federal (FCC) pekan lalu. Dalam arsip itu disebutkan bahwa satelit bernama Athena tengah dipersiapkan untuk terbang di orbit yang rendah, dan membawa koneksi internet untuk daerah-daerah terpencil.

Pada artikel ini, sejatinya tidak disebutkan nama Facebook sebagai pemilik satelit secara terang-terangan. Athena tercatat sebagai satelit yang dikembangkan oleh perusahaan kecil bernama PointView. 

Namun pada April lalu, PointView diketahui tidak memiliki catatan laporan tahunan maupun struktur manajemen dan pemegang saham yang jelas. Tapi sebuah dokumen mengarahkan bahwa PointView merupakan bagian dari Facebook.

"PointView bertujuan untuk memahami apakah sistem yang menggunakan spektrum E-band dapat digunakan untuk penyediaan akses broadband tetap, dan bergerak di area yang belum terlayani dan kurang terlayani," tulis pihak PointView dalam dokumen tersebut, dikutip KompasTekno dari Spectrum, Jumat (4/5/2018). 

Bukti lain yang menjelaskan bahwa Facebook adalah otak di balik rencana peluncuran Athena terlihat dari deskripsi lokasi yang dipersiapkan sebagai stasiun pengorbitan. 

PointView menentukan tiga titik di Bumi yang bakal menjadi pusat pengendalian satelit. Tiga lokasi tersebut berada di sekitar California dan Los Angeles. 

Di salah satu lokasi tersebut, Facebook dilaporkan telah menyewa lahan sebesar 24.000 meter persegi atau lebih dari 2 hektare pada Oktober lalu, dan tengah mengalami pemugaran. Lahan ini diduga akan menjadi stasiun cadangan untuk satelit Athena nantinya. 

Meski Facebook masih enggan untuk berkomentar, satelit ini tetap diharapkan akan dapat mengudara dan memperluas konektivitas internet sampai ke daerah terpencil.

Athena, diprediksi bakal membawa internet dengan kecepatan 10 kali lebih cepat ketimbang satelit yang diluncurkan SpaceX. Kendati demikian, satelit ini hanya akan berada pada ketinggian yang rendah, sehingga daya jangkaunya tidak akan seluas satelit milik SpaceX.

Beberapa ahli menilai, jika Facebook memang ingin serius mengembangkan satelit untuk konektivitas internet, sebaiknya rakasasa media sosial ini harus bisa menyamai kemampuan satelit milik SpaceX, yang mengorbit pada koordinat yang lebih tinggi dan jumlah satelit yang lebih banyak. 

Terima kasih telah membaca artikel ini & dipublikasikan oleh Raja Tekno

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Posting Populer